Pengembangan LSU (LAPAN Surveillance UAV) Solar

Dewi Anggraeni and Arifin Rasyadi and Yanuar Prabowo and Gunawan SP (2015) Pengembangan LSU (LAPAN Surveillance UAV) Solar. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 191-197.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Dewi Anggraeni dkk_Pustekbang_2015.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Solar LSU dibutuhkan untuk meningkatkan lama terbang serta daerah operasi terbang yang lebih luas untuk misi pengamatan (surveillance). Pada pengembangan LSU Solar ini rancangan dasar untuk pesawat tanpa awak bertenaga surya telah ditetapkan, dengan tipe pesawat glider. Misi akan dilakukan pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 13.00 untuk mendapatkan cahaya matahari yang optimum. Metode yang dilakukan adalahpembelajaran komparatif terhadap pesawat tanpa awak bertenaga surya yang lain dan perhitungan kebutuhan daya LSU Solar telah dilakukan. Luas bentangan sayap terhadap kebutuhan daya LSU Solar telah dihitung, luas sayap sebesar 0.5 m2 akan dipasang sel surya untuk memenuhi kebutuhan daya pesawat. Massa total pesawat sebesar 3,5585 kg, membutuhkan kekuatan gaya dorong motor sebesar 2,5 kg untuk dapat terbang. Hasil analisa didapatkan adalah sistem photovoltaic dapat memenuhi daya sebesar 50,1 watt yang cukup untuk terbang meluncur selama 2 jam.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: daya, sel, surya, LSU, Solar
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 24 Mar 2021 12:52
Last Modified: 12 Sep 2021 23:58
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item