Pengaturan Ulang Arah Serat Spar Depan LAPAN Surveillance UAV – 05 Menggunakan Finite Element Method

Fajar Ari Wandono (2015) Pengaturan Ulang Arah Serat Spar Depan LAPAN Surveillance UAV – 05 Menggunakan Finite Element Method. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 1-11.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Fajar Ari_Pustekbang_2015.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN telah membuat pesawat tanpa awak yang diberi nama LAPAN Surveillance UAV (LSU)-05. Proyek LSU-05 ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan insinyur LAPAN dalam mendesain dan membangun pesawat. Pesawat ini memiliki MTOW (Maximum Take Off Weight) sebesar 75 kg (750 N) dan panjang sayap 5,5 m. Pesawat ini akan digunakan untuk melakukan beberapa misi seperti: foto udara, pemantauan bencana, patroli laut dan sebagainya. LSU-05 memiliki struktur yang sebagaian besar terbuat dari material komposit. Pemilihan material komposit ini dikarenakan bahan tersebut memiliki sifat ringan dan kekuatan yang baik. Salah satu bagian penting pada LSU-05 yang menggunakan material komposit adalah spar. Penelitian ini akan melakukan pengaturan ulang tentang arah serat untuk mendapatkan struktur yang optimum. Penelitian ini akan membandingkan hasil nilai kriteria kegagalan Tsai-Hill antara perhitungan konfigurasi awal dengan perhitungan setelah modifikasi arah serat menggunakan finite element method. Hasil nilai kriteria kegagalan Tsai-Hill yang didapatkan adalah perhitungan dengan konfigurasi awal sebesar 0,962 dan hasil setelah dilakukan modifikasi arah serat sebesar 0,634.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: LSU-05, komposit, spar, pengaturan ulang, kriteria kegagalan Tsai-Hill
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:14
Last Modified: 18 Aug 2021 05:12
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item