Koreksi Atmosferik Non-Standar Nir-Swir dan MUMM untuk Ekstraksi Informasi Konsentrasi Klorofil-A di Perairan Case-1 Indonesia

Gathot Winarso and Yennie Marini (2015) Koreksi Atmosferik Non-Standar Nir-Swir dan MUMM untuk Ekstraksi Informasi Konsentrasi Klorofil-A di Perairan Case-1 Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 322-330.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Gathot Winarso dk_Pusfatja_2015.pdf

Download (684kB) | Preview

Abstract

Model dan algoritma untuk ekstraksi informasi konsentrasi klorofil- sudah ada dan bisa dimanfaatkan dalam skala global dan pada perairan case-1 pada umumnya. Selain algoritma standar yang dikeluarkan oleh NASA baik algoritma in-water maupun koreksi atmosferik, ada beberapa algoritma non-standar yang bisa digunakan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh atau hasil algoritma non�standar terhadap hasil estimasi konsentrasi klorofil-a dibandingkan dengan menggunakan algoritma standar dan pengukuran lapangan. Telah dilakukan pengolahan ekstraksi informasi klorofil-a dengan menggunakan koreksi atmosferik menggunakan kombinasi kanan NIR (near infra red) dan SWIR (shortwave infrared) dan model MUMM (Management Unit of the North Sea Mathematical Models) kemudian dibandingkan hasilnya dengan hasil dengan menggunakan koreksi atmosferik standar. Walaupun beberapa koreksi atmosferik non-standar digunakan untuk menyempurnakan koreksi atmosferik standar pada perairan case-2, tetapi sebagai kajian awal pengaruh koreksi atmosferik non-standar terhadap konsentrasi klorofil-a yang dihasilkan. Koreksi atmosferik dengan metode SWIR mampu meningkatkan akurasi konsentrasi klorofil-a, sedangkan metode MUMM tidak memberikan hasil yang lebih baik dari koreksi atmosferik standar. Hasil ini diperkirakan karena kondisi aerosol wilayah Indonesia yang unik. Perlu dianalisis lebih lanjut tentang kondisi aerosol dan pengujian koreksi atmosferik non-standar ini pada perairan case-2.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: MODIS, klorofil-a, koreksi atmosferik
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 30 Mar 2021 10:20
Last Modified: 30 Oct 2021 08:23
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item