Inventarisasi Hutan Mangrove Menggunakan Data Landsat di Pantai Utara Bekasi Jawa Barat

Kuncoro Teguh Setiawan and Anang Dwi Purwanto and Bagus Dwi Kurniawan N (2015) Inventarisasi Hutan Mangrove Menggunakan Data Landsat di Pantai Utara Bekasi Jawa Barat. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 408-417.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Kuncoro Teguh Setiawan dkk_Pusfatja_2015.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

Mangrove merupakan ekosistem yang kompleks terdiri atas flora dan fauna di daerah pantai yang hidup sekaligus pada habitat daratan dan air laut. Ekosistem mangrove berperan dalam melindungi garis pantai dari erosi, gelombang laut dan angin topan, serta berperan juga sebagai buffer (perisai alam) dan menstabilkan tanah dengan menangkap dan memerangkap endapan material dari darat yang terbawa air sungai dan yang kemudian terbawa ke tengah laut oleh arus. Teknologi penginderaan jauh memberikan peluang untuk pemetaan kawasan mangrove secara efektif dan efisien. Citra Landsat merupakan citra satelit resolusi menengah yang dapat dimanfaatkan untuk pemetaan kawasan mangrove. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengidentifikasi hutan mangrove menggunakan dua buah data citra Landsat guna menentukan perubahan hutan mangrove pada wilayah Delta Bekasi Provinsi Jawa Barat.Hasil analisis data multitemporal menunjukkan bahwa terjadi perubahan hutan mangrove selama 10 tahun terakhir (2002 - 2013) dan hasil tumpang susun citra terklasifikasi tahun 2013 dengan citra terklasifikasi tahun 2002 ditemukan perubahan daerah sebaran yang terjadi karena abrasi dan akresi, kondisi keberadaan hutan mangrove di kawasan Delta Bekasi sangat berpengaruh terhadap kehidupan sosial masyarakat sekitarnya.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Citra Landsat, Mangrove, Teknologi Penginderaan Jauh
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 25 Mar 2021 12:59
Last Modified: 05 Oct 2021 00:38
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item