Penentuan Titik Asap Kebakaran dengan Citra Spot-4 untuk Mendukung Validasi Hotspot Modis

Kusumaning Ayu DS and Any Zubaidah (2015) Penentuan Titik Asap Kebakaran dengan Citra Spot-4 untuk Mendukung Validasi Hotspot Modis. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 426-432. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Prosiding_Kusumaning Ayu D. dk_Pusfatja_2015.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan merupakan kejadian yang sering terjadi di Indonesia terutama wilayah Sumatera dan Kalimantan. Banyaknya hotspot dan asap kebakaran adalah sebagai tanda adanya kebakaran hutan dan lahan tersebut. Informasi akan hotspot yang valid sangat diperlukan oleh berbagai institusi yang berkepentingan. Tulisan ini menjelaskan mengenai penentuan titik asap kebakaran untuk mendukung validasi data hotspot MODIS (Indofire). Metode yang digunakan adalah analisis visualisasi asap dengan memperhatikan berbagai kriteria antara lain: terdeteksinya asap yang diikuti dengan adanya hotspot yang banyak (menggerombol), atau satu hotspot tapi sangat jelas terlihat asapnya. Metode visualisasi ini juga dilakukan dengan melihat riwayat sering terdeteksinya hotspot di suatu wilayah dan perubahan warna citra komposit 321 atau 432 yang mengindikasikan lahan terbuka. Dari hasil analisa didapatkan jumlah titik asap kebakaran sejumlah 146 titik dari 21 scene citra resolusi tinggi SPOT-4. Titik asap kebakaran dapat digunakan untuk mendukung proses validasi hotspot.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Hotspot, MODIS, Indofire, Firm-NASA, Satelit, Penginderaan jauh.
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 25 Mar 2021 13:17
Last Modified: 24 Sep 2021 00:22
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item