Optimasi Berat Wing LSU 05 Menggunakan Finite Element Method

Kosim Abdurohman and Fajar Ari Wandono (2015) Optimasi Berat Wing LSU 05 Menggunakan Finite Element Method. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 21-30.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Kosim_Pustekbang_2015.pdf

Download (745kB) | Preview

Abstract

Optimasi berat wing LSU 05 telah dilakukan dengan menggunakan software finite element method. Prinsip dasar dari optimasi ini adalah pengurangan berat wing dengan melakukan modifikasi pada rib. Optimasi dilakukan dengan tetap memperhatikan beberapa batasan (constraint) . Constraint pada optimasi ini yaitu nilai stress dan failure index yang terjadi akibat modifikasi rib. Stress akibat modifikasi rib dijaga agar tidak meningkat terlalu jauh dari stress tanpa modifikasi dan jangan sampai terjadi adanya konsentrasi tegangan. Nilai failure index dijaga agar berada di bawah satu sesuai dengan teori kegagalan komposit Tsai-Hill. Material yang digunakan pada optimasi sama dengan material aslinya yaitu menggunakan komposit serta e-glass WR 185/epoxy dan kompsoit serat karbon WR 200/epoxy. Dari hasil simulasi FEM diketahui massa wing setelah optimasi berkurang sebesar 3.39%. Nilai stress pada rib hasil optimasi sebesar 18.8 MPa atau meningkat sebesar 2.73%. Nilai failure index hasil optimasi wing sebesar 0.911 yang berarti hasil optimasi masih aman.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Optimasi Berat, Wing, Stress, Failure Index, Finite Element Method
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Mar 2021 00:51
Last Modified: 18 Aug 2021 05:34
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/522

Actions (login required)

View Item View Item