Hubungan Nilai Pulse Wave Modulation Terhadap Defleksi Elevator Pada Pesawat Tanpa Awak LSU 02

Agus Wiyono (2015) Hubungan Nilai Pulse Wave Modulation Terhadap Defleksi Elevator Pada Pesawat Tanpa Awak LSU 02. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 59-65.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Agus Wiyono_Pustekbang_2015.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Pesawat Tanpa awak LSU 02 adalah pesawat tanpa awak yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Penerbangan untuk misi surveillance. Pada saat terbang misi, sistem kendali berperan untuk menggerakkan permukaan pengendali (kontrol surface) yaitu elevator untuk mengendalikan gerakan pitch. Supaya gerak pesawat sesuai dengan perintah pengendali, maka perlu diketahui fungsi transfer dari sistem pengendali ke simpangan elevator. Elevator digerakkan dengan servo tipe S3003 dengan penghubung kawat. Masukan servo berupa sinyal Pulse Wave Modulation. Untuk mengetahui hubungan Pulse Wave Modulation terhadap simpangan defleksi Elevator digunakan metode empiris. Dari hasil pengolahan data di dapatkan hubungan y = 0,0628x – 94,2 dimana y adalah simpangan defleksi elevator dan x adalah nilai Pulse Wave Modulation yang diberikan. Histerisis dari hasil pengukuran didapatkan selisih simpangan elevator sebesar 0,4 derajat pada nilai PWM yang sama. Nilai ini 0,7% dari simpangan maksimal elevator. Dari hasil ini, defleksi elevator dapat dihasilkan dengan benar sesuai dengan nilai pwm yang diberikan oleh sistem kendali.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: LSU, Defleksi Elevator
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:54
Last Modified: 18 Aug 2021 05:32
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/526

Actions (login required)

View Item View Item