Analisis Aerodinamika Model Pesawat Nirawak LSU-05 Dengan Pengujian Terowongan Angin

Dana Herdiana and Arifin Rasyadi Soemaryanto (2015) Analisis Aerodinamika Model Pesawat Nirawak LSU-05 Dengan Pengujian Terowongan Angin. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 66-73.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Dana Herdiana_Pustekbang_2015.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Pada proses perancangan pesawat nirawak, analisis aerodinamika dilakukan untuk mengetahui prestasi dari konfigurasi pesawat dan berguna untuk memenuhi persyaratan & sasaran (DR&O) rancangan. Pada penelitian ini, analisis aerodinamika berupa perhitungan secara teori dan estimasi empirik serta pengujian di terowongan angin subsonik di Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memverifikasi hasil estimasi dan teori dengan hasil uji terowongan angin. Perhitungan teori dilakukan dengan pendekatan Raymer sedangkan estimasi karakteristik aerodinamika secara semi-empirik menggunakan perangkat lunak Digital Datcom. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh trend yang sama pada grafik koefisien gaya angkat antara hasil Digital Datcom dengan hasil uji terowongan angin, meskipun adanya error yang cukup besar yaitu sekitar 10% pada sudut serang 16. Dengan hasil tersebut, hasil pesimislah yang akan dijadikan acuan untuk perhitungan prestasi terbang dari pesawat LSU-05.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, Terowongan Angin, Digital Datcom.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:53
Last Modified: 18 Aug 2021 05:33
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item