Perbandingan Hasil Klasifikasi Hutan dan Non Hutan dari Data Landsat dan Data ALOS PALSAR

Mulia Inda Rahayu and Katmoko Ari Sambodo (2015) Perbandingan Hasil Klasifikasi Hutan dan Non Hutan dari Data Landsat dan Data ALOS PALSAR. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) 2015. pp. 576-582.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Mulia Inda Rahayu dk_Pustekdata_2015.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Ekstraksi informasi hutan dan non-hutan secara efisien dapat dilakukan dari data penginderaan jauh baik data optis maupun data SAR. Data penginderaan jauh optis memiliki beberapa kanal multispektral dengan kemampuan dan karakteristik yang berbeda�beda sedangkandata SAR memiliki kelebihan dari segi kemampuannya dalam menembus awan dan hujan, dan sensornya yang merupakan sensor aktif (menyediakan sumber energi sendiri dan tidak tergantung oleh cahaya matahari) sehingga memungkinkan untuk dioperasikan baik pada siang maupun malam hari.Penelitian ini mencoba membandingkan hasil klasifikasi hutan dan nonhutan wilayah Sumatera yang dilakukan menggunakan data Landsatdan data ALOS PALSAR. Klasifikasi data Landsat dilakukan dengan metode Canonical Variate Analysis, sedangkan klasifikasi data ALOS PALSAR dilakukan dengan metode Random Forest. Dari hasil analisis perbandingan kedua data, didapatkan kesesuaian hasil identifikasi hutansebesar 44,89% dan nilai nonhutan sebesar23,79%, sedangkan perbedaan hasil klasifikasi dimana kelas nonhutan pada data Landsat diidentifikasi sebagai hutan pada data ALOS PALSAR adalah sebesar 17,91 %dan kelas hutan pada data Landsat diidentifikasi sebagai nonhutan pada data ALOS PALSAR adalah sebesar 10,51 %.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Hutan-Non Hutan, Landsat, ALOS PALSAR, klasifikasi, perbandingan
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:20
Last Modified: 05 Oct 2021 00:49
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item View Item