Estimasi Kandungan Biomassa Vegetasi Hijau Menggunakan Data Penginderaan Jauh

Sukentyas Estuti Siwi (2015) Estimasi Kandungan Biomassa Vegetasi Hijau Menggunakan Data Penginderaan Jauh. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 744-752.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Sukentyas Estuti Siwi_Pustekdata_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi penginderaan jauh dapat digunakan sebagai alat bantu dalam menghitung dan memantau kandungan biomassa vegetasi hijau untuk skala tutupan lahan. Adapun cara untuk mengetahui kandungan biomassa tersebut dengan mencari korelasi antara parameter kandungan biomassa vegetasi hijau di lapangan dengan parameter nilai�nilai dijital vegetasi hijau yang ada pada citra satelit penginderaan jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah mengestimasi seberapa besar kandungan biomassa vegetasi hijau yang ada di Kota Depok pada tahun 2011 dengan menggunakan data penginderaan jauh. Korelasi antara NDVI dengan kandungan biomassa vegetasi hijau di 80 lokasi sampel diperoleh nilai r sama dengan 0.876 pada tingkat signifikan 95%. Artinya, bahwa ada hubungan yang kuat antara nilai NDVI dengan kandungan biomassa vegetasi hijau. Dalam hal ini, keragaman kandungan biomassa vegetasi hijau hanya bisa dijelaskan oleh tinggi rendahnya nilai NDVI sebesar 76.7% sisanya sebesar 23.3% dipengaruhi faktor lain. Karena memiliki hubungan yang kuat, maka dapat diestimasi besarnya kandungan biomassa vegetasi hijau di Kota Depok tahun 2011 sebesar 5,833,531 kg.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Biomassa, Vegetasi Hijau, NDVI
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 28 Mar 2021 14:48
Last Modified: 03 Oct 2021 12:18
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item