Evaluasi Perancangan Terowongan Angin LS-LST Dengan Simulasi Numerik

Teuku Mohd Ichwanul Hakim (2015) Evaluasi Perancangan Terowongan Angin LS-LST Dengan Simulasi Numerik. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 101-106.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Teuku_Pustekbang_2015.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2013, telah dilakukan perancangan konsep terowongan angin berukuran kecil yang memanfaatkan konstruksi yang telah ada sebelumnya. LS-LST (LAPAN Small Low Speed Tunnel) adalah terowongan angin tipe terbuka yang memiliki penampang seksi uji 60 cm x 60 cm dan dirancang memiliki kecepatan maksimum 30 m/s. Perancangan tahap awal dilakukan dengan metoda analitis untuk medapatkan dimensi dan konfigurasi bagian-bagian terowongan angin seperti ruang penenang, kontraksi dan diffusor berdasarkan dimensi seksi uji dan sasaran untuk mendapatkan kecepatan 30 m/s. Pada tahap ini dilakukan evaluasi rancangan LS-LST dengan menggunakan simulasi numerik untuk memverifikasi hasil rancangan sebelumnya yang menggunakan metode analitis dan memvisualisasi kualitas aliran di dalam seksi uji. Pemodelan dilakukan dengan membuat half model, untuk mempercepat proses perhitungan namun tidak mengurangi tingkat ketelitian. Hasil dari evaluasi ini didapatkan bahwa hasil perancangan sebelumnya telah memenuhi target perancangan dan kualitas aliran yang diperoleh pun secara kualitatif sudah cukup baik.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: terowongan angin, simulasi numerik
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Pengelolaan Fasilitas Litbangyasa dan Pemanfaatan > Bidang Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:31
Last Modified: 04 Aug 2021 04:21
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item