Pemilihan Jenis Peredam (Damper) Pada Mounting Engine Pesawat LSU-03 Untuk Meredam Getaran Yang Terjadi

Mujtahid (2015) Pemilihan Jenis Peredam (Damper) Pada Mounting Engine Pesawat LSU-03 Untuk Meredam Getaran Yang Terjadi. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 124-130.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Mujtahid_Pustekbang_2015.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Getaran yang terjadi pada pesawat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) LSU-03 khususnya pada saat terbang cukup tinggi dilihat dari perhitungan amplitudo dan frekuensi yang terjadi. Asal sumber getar yang terjadi pada pesawat cukup banyak terutama dari engine yang bekerja. Getaran yang terjadi bisa berakibat fatal pada struktur pesawat maupun instrumentasi pesawat. Struktur pesawat bisa rusak sedangkan instrumentasi yang terganggu bisa mengakibatkan pesawat tidak terkontrol sesuai rencana dan jatuh. Pemasangan peredam (damper) pada mounting engine pesawat LSU-03 harus mempertimbangkan banyak hal, terutama jumlah dan posisinya karena ruang (space) yang tersedia untuk pemasangan yang relatif sempit. Makalah ini berisi perhitungan dari beberapa jenis peredam yang bisa dipasang pada mounting engine pesawat LSU-03 untuk meredam getaran yang terjadi sehingga bisa dipilih jenis dan jumlah peredam yang akan dipasang sesuai dengan kebutuhan. Dari hasil perhitungan yang dilakukan diketahui bahwa jika dipilih damper jenis CR2-400 bisa dipasang 3 atau 4 buah damper, sedangkan jika dipilih damper jenis CR1-100 harus dipasang 5 atau 6 buah.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: LSU, peredam
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 29 Mar 2021 01:47
Last Modified: 29 Jul 2021 00:25
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item