Pengembangan Modul Penghitungan Sudut Datang (Incidence Angle) untuk Keperluan Koreksi Radiometrik Data TerraSAR-X

Yudhi Prabowo and Katmoko Ari Sambodo (2015) Pengembangan Modul Penghitungan Sudut Datang (Incidence Angle) untuk Keperluan Koreksi Radiometrik Data TerraSAR-X. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) 2015. pp. 818-823.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Yudhi Prabowo dk_Pustekdata_2015.pdf

Download (688kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini data Synthetic Aperture Radar (SAR) menjadi sumber data yang potensial dalam berbagai aplikasi penginderaan jauh dikarenakan kemampuannya dapat mengamati permukaan bumi baik dalam keadaan siang, malam maupun dalam keadaan berawan.Sebelum data SAR diolah lebih lanjut perlu dilakukan koreksi radiometrik yang bertujuan untuk mengembalikan nilai piksel yang masih mempunyai kesalahan bias karena pengaruh backscatter dari objek lain menjadi nilai backscatter dari objek yang sebenarnya pada tiap piksel. Tipe data SAR pada level 1 umumnya tidak terkoreksi secara radiometrik sehingga masih terdapat bias radiometrik yang signifikan pada setiap pikselnya. Untuk melakukan koreksi radiometrik diperlukan nilai incidence anglepada setiap piksel data SAR. Penelitian ini bertujuan untuk membuat data incidence angle yang dapat digunakan untuk keperluan koreksi radiometrik dengan menggunakan data TerraSAR-X. Nilai incidence angle setiap piksel dihitung dengan cara menginterpolasi secara linier dari nilai incidence anglepada setiap sudut scene yang diperoleh dari metadata. Hasil dari penelitian ini adalah data incidence anglepada setiap pikselscene TerraSAR-Xdengan mengasumsikan bumi sebagai bidang yang datar (flat).

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: koreksi radiometrik, incidence angle, TerraSAR-X, SAR
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Radiometrik
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:24
Last Modified: 13 Oct 2021 10:31
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item