Analisa Profil Pertumbuhan Kelapa Sawit dengan Menggunakan Data Landsat 8 (Studi Kasus : Tanah Laut, Kalimantan Selatan)

Ita Carolita and Yansen Sitorus and Arum Tjahjaningsih and Tatik Kartika (2015) Analisa Profil Pertumbuhan Kelapa Sawit dengan Menggunakan Data Landsat 8 (Studi Kasus : Tanah Laut, Kalimantan Selatan). Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 850-858.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Ita Carolita dkk_Pusfatja_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kelapa sawit (Elaeis guineensis Jack) merupakan salah satu tanaman pohon tropis yang paling penting di dunia.Produksi minyak kelapa sawit telah meningkat spektakuler dalam 20 tahun terakhir, terutama di Malaysia dan Indonesia.informasi mengenai umur kelapa sawit merupakan informasi yang penting untuk mengetahui besar produksi yang akan dihasilkan. Penginderaan Jauh memiliki potensi signifikan untuk membantu pemantauan pertumbuhan kelapa sawit dan upaya identifikasi umurnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode untuk menganalisa pertumbuhan kelapa sawit dan menghasilkan profil pertumbuhannya dengan menggunakan data satelit Landsat. Area kajian adalah PTPN 13, Perkebunan kelapa sawit di Pelaihari di Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. Data utama yang digunakan adalah Landsat 8 dan data pendukung LS7 dan SPOT 6. Analisa dilakukan dengan melakukan pengumpulan data lapangan dan peta kalender tanam. Selanjutnya dilakukan ektraksi beberapa parameter vegetasi. Dari hasil pengolahan data dan analisanya diperoleh hubungan antara NDVI dengan umur kelapa sawit cukup erat (R2 = 75%) yang menunjukkan profil pertumbuhan kelapa sawit, dengan persamaannya adalah : y = -0.6187x2 + 9.5152x + 47.33 dengan R² = 0.7547 dimana y adalah NDVI dan x adalah usia kelapa sawit dalam tahun.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Profil pertumbuhan, kelapa sawit, LS8
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Pemanfaatan Penginderaan Jauh > Pengolahan Data
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:42
Last Modified: 03 Oct 2021 12:15
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item