Meningkatkan Kualitas Penyajian dan Visualisasi Informasi Sumberdaya Maritim Melalui Pengembangan Portal Pemetaan Web dan Integrasi ESRI Ocean Basemap

Sarno (2015) Meningkatkan Kualitas Penyajian dan Visualisasi Informasi Sumberdaya Maritim Melalui Pengembangan Portal Pemetaan Web dan Integrasi ESRI Ocean Basemap. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 868-883.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Sarno__Pusfatja_2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu visi Presiden Joko Widodo dalam pidato pelantikannya adalah menjadikan Indonesia poros maritim dunia dan ingin menjadikan sektor kelautan dan maritim sebagai kekuatan untuk mewujudkan keamanan nasional, mewujudkan kemandirian ekonomi dan sumber daya maritim menjadi bagian terpenting dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejalan dengan Wawasan Nusantara. Visi tersebut layak didukung sekaligus ditindak lanjuti. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi spasial, penginderaan jauh dan sistem informasi geografis atau pemetaan berbasis web dalam ekstraksi informasi spasial, pengelolaan sumberdaya alam, pemantuan lingkungan dan mitigasi bencana serta penyediaan informasi spasial pemanfaatan penginderaan jauh tematik lainnya, termasuk sektor kelautan dan maritim mempunyai arti dan peran sangat penting dalam dukungan pengambilan keputusan dan visi Indonesia poros maritim dunia. Berdasarkan pada konsep pemikiran di atas, pada makalah ini telah dilakukan kajian dan implementasi pengembangan portal pemetaan web dan integrasi Esri Ocean Basemap untuk meningkatkan kualitas penyajian dan visualisasi informasi sumberdaya kelautan dan maritim.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Informasi Spasial, Kualitas, Maritim, Ocean Basemap, Penyajian, Sumberdaya
Subjects: Teknologi Informasi dan Komunikasi > Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:09
Last Modified: 30 Oct 2021 07:59
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item View Item