SPOT 6 untuk Identifikasi dan Analisa Pertumbuhan Kelapa Sawit (Studi Kasus : Tanah Laut, Kalimantan Selatan)

Ita Carolita and Fina Ayu Permatasari and Jansen Sitorus (2015) SPOT 6 untuk Identifikasi dan Analisa Pertumbuhan Kelapa Sawit (Studi Kasus : Tanah Laut, Kalimantan Selatan). Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 884-896.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Ita Carolita dk_Pusfatja_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penginderaan Jauh memiliki potensi signifikan untuk membantu pemantauan kelapa sawit dan upaya prediksi.Penginderaan jauh juga memberikan kemungkinan untuk memberikan metode dengan biaya yang efektif untuk untuk memetakan kelapa sawit serta memberikan penilaian secara khusus praktek manajemen dan deskripsi pertumbuhan kelapa sawit.SPOT-6 adalah satelit pencitraan optik mampu menghasilkan pencitraan bumi dengan produk-produk untuk aplikasi di pertahanan, pertanian, perkebunan, kehutanan, pemantauan lingkungan, pengawasan digaris pantai, engineering, minyak dan gas, serta industri pertambangan. Dengan menggunakan data SPOT6 identifikasi, pemetaan dan monitoring kelapa sawit dapat dilakukan baik, karena resolusi 6 m (untuk MS) dan 1,5 m (untuk Pankromatik). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa identifikasi dan klasifikasi areal kelapa sawit, serta melakukan analisa pertumbuhannya dengan menggunakan data SPOT-6. Metode yang digunakan adalah klasifikasi supervised untuk mendapatkan areal kelapa sawit dan analisa regresi untuk analisa pertumbuhannya. Dari hasil analisa diperoleh bahwa pertumbuhan kelapa sawit dapat digambarkan dengan NDVI dan dengan model regresi dengan koefiein determinasi 87%.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Profil pertumbuhan, kelapa sawit, SPOT-6
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:19
Last Modified: 30 Oct 2021 08:03
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item