Simulasi Inlet Duct Engine Pesawat Dua Dimensi (2D)

Subagyo (2015) Simulasi Inlet Duct Engine Pesawat Dua Dimensi (2D). In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 171-178.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Subagyo_BPPT_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan merancang [1],[2] pesawat tempur meliputi berbagai aspek yang sangat komplek seperti airframe pesawat, sistem propulsi, anti radar, masalah struktur dan material yang digunakan. Pada laporan ini penulis meneliti pada bidang propulsi yang berkaitan dengan air intake inlet. Dalam bidang inlet pemipaan pendukung aliran udara masuk menuju mesin pendorong pesawat merupakan bagian yang cukup penting. Perkembangan bentuk inlet pemipaan juga memberikan pengaruh pada pesawat tempur yang terbang pada rentang bilangan mach dari 0.3 sampai dengan 2. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah bentuk inlet pemipaan penyedia udara agar tekanan recovery mendekati 100%. Pengkajian dilakukan pada inlet pemipaan dua dimensi dengan menggunakan software fluent. Hasil simulasi menunjukkan bahwa Mac number disekitar Aerodynamic Interface Plane (AIP) mempunyai nilai dialiran subsonic.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Simulasi, aliran , pesawat tempur, Inlet, tekanan .
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:33
Last Modified: 18 Aug 2021 04:29
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item