Optimalisasi Layanan Informasi Data Terbaru Citra Penginderaan Jauh dengan Memanfaatkan Nilai Image dan Administrative Boundary pada BDPJN

Gusti Darma Yudha and Citra Kusumawati (2015) Optimalisasi Layanan Informasi Data Terbaru Citra Penginderaan Jauh dengan Memanfaatkan Nilai Image dan Administrative Boundary pada BDPJN. Seminar Nasional Penginderaan Jauh ( SINASINDERAJA) 2015. pp. 217-229.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Gusti Darma Yudha_Pustekdaata_2015.pdf

Download (945kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan akan sebuah informasi sekarang ini sangat tinggi sejalan dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Oleh karena itu, hal ini merupakan tantangan bagi penyedia dan pengelola informasi dalam menyampaikan informasi dengan cepat dan akurat. Penginderaan jauh mempunyai tujuan merekam objek untuk mengumpulkan data sumber daya alam dan lingkungan. Ini mengakibatkan pemanfaatan data citra penginderaan jauh menjadi tinggi untuk kepentingan berbagai sektor terutama di Indonesia. Dengan adanya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan, dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh, bahwa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memiliki tugas dan fungsi sebagai penyedia data dan informasi citra penginderaan jauh satelit. Untuk merealisasikan hal tersebut LAPAN, khususnya Pusat Teknologi dan Data penginderaan Jauh telah menyediakan sebuah katalog data citra penginderaan jauh yaitu katalog Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) yang dapat diakses semua pengguna melalui jaringan internet. Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan akan informasi data terbaru citra penginderaan jauh semakin meningkat dan dituntut dapat diakses dengan cepat. Oleh karena itu, perlu dilakukan optimalisasi layanan informasi tersebut untuk mendukung katalog BDPJN dalam melakukan tugasnya mendistribusikan data dan informasi penginderaan jauh di Indonesia. Optimalisasi ini dilakukan dengan memanfaatkan nilai image dan administrative boundary dengan menerapkan konsep diagram kartesius dan mengaplikasikannya ke dalam fungsi PHP mail(). Hal ini diharapkan pengguna akan mendapatkan informasi data citra penginderaan jauh secara cepat dan tepat untuk mendukung kegiatan mereka dalam memanfaakan data citra tersebut.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-95-5
Uncontrolled Keywords: Informasi, distribusi, image boundary, administrative boundary, PHP mail
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penyimpanan dan Pendistribusian Data
Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Fasilitas Bank Data Penginderaan Jauh Nasional
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 31 Mar 2021 13:58
Last Modified: 30 Oct 2021 10:05
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/574

Actions (login required)

View Item View Item