Kajian Awal Pusat Data Penginderaan Jauh Masa Depan di Indonesia: Review Rancangan Sistem LAPANSIMAC dan Implementasinya

Erna Sri Adiningsih and Andie Setiyoko and Riyan Mahendra Saputra and Gusti Darma Yudha and Ogi Gumelar and Yayat Hidayat and Destri Yanti Hutapea and Anis Kamilah Hayati and Rahmat Rizkiyanto (2016) Kajian Awal Pusat Data Penginderaan Jauh Masa Depan di Indonesia: Review Rancangan Sistem LAPANSIMAC dan Implementasinya. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 437-442.

[img]
Preview
Text
Posiding_Erna Sri Adiningsih_Pustekdata_2016.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Pusat Data (Data Center) untuk menyimpan dan mengelola data penginderaan jauh telah dibangun dan dikembangkan oleh LAPAN sejak tahun 1990an.Pusat Data merupakan bagian penting dari sistem Bank Data Penginderaan Jauh Nasional (BDPJN) yang dikelola oleh LAPAN. Pengembangan dan peningkatan kapasitas pusat data perlu dilakukan sejalan dengan kemajuan teknologi penginderaan jauh dan teknologi informasi serta sejalan dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan pengguna di Indonesia, serta amanat dari Undang-Undang nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan. LAPAN bekerjasama dengan China Academy of Science and Technology (CAST) akan membangun pusat informasi dan pelayanan data satelit untuk aplikasi kelautan atau disebut LAPAN Satellite Information Marine Application Center (LAPANSIMAC). Kajian ini bertujuan untuk menganalisis, merumuskan disainimplementasiLAPANSIMAC sesuai dengan kebutuhan di Indonesia yang dinamis khususnya untuk aplikasi kelautan.Data dikumpulkan dari statistik pelayanan data, dokumen rencana strategis, dokumen teknis, dan wawancara/kuisioner pengguna.Hasil kajian awal menunjukkan bahwa data bervolume besar (big-volume data) dan kecepatan aksesibilitas layanan merupakan faktor utama dalam pengembangan pusat data. Pengelolaan data di masa depan akan meliputi data yang diakuisisi oleh stasiun bumi satelit, link dengan pusat data internasional, dan data dari sumber perolehan lainnya.Jenis data dan produk data makin beragam, baik optik maupun radar, dari resolusi rendah hingga sangat tinggi.Pusat data di masa depan tidak hanya berfungsi sebagai penyedia dan akses data bagi pengguna nasional, namun juga sebagai pusat data back-up dan arsip, pusat informasi penginderaan jauh, pusat fasilitas pengolahan data nasional, serta pusat rujukandata dan teknologi penginderaan jauh nasional.Oleh sebab itu disain dari sistem pengoperasian LAPAN SIMAC terdiri dari sub-sistem yang melakukan seluruh fungsi tersebut secara terpadu (integrated technology and data service).Keandalan sistem akan dipengaruhi oleh manajemen data bervolume besar, keandalan perangkat keras dan lunak untuk perolehan pengolahan, dan pengelolaan data, serta dukungan teknologi informasi untuk layanan on-line multi-sektor secara cepat dan akurat.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: data center, LAPANSIMAC, data sharing, layanan teknologi dan data terpadu
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Fasilitas Bank Data Penginderaan Jauh Nasional
Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 31 Mar 2021 14:28
Last Modified: 03 Oct 2021 12:07
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item