Perancangan Jalur Komunikasi Microwave Point To Point Antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin Dengan Pustekdata LAPAN Pekayon

B. Pratiknyo and Adi Mahatmanto (2015) Perancangan Jalur Komunikasi Microwave Point To Point Antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin Dengan Pustekdata LAPAN Pekayon. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 301-308.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_B. Pratiknyo_Pustekdata_2015.pdf

Download (775kB) | Preview

Abstract

Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin yang berlokasi di Kabupaten Bogor berfungsi sebagai Stasiun Bumi penerima data dari satelit penginderaan jauh dan Pustekdata LAPAN Pekayon Jakarta Timur sebagai lokasi server pengolahan data citra satelit penginderaan jauh. Kedua site tersebut sebagai satu kesatuan dari proses akuisisi dan pengolahan data citra satelit penginderaan jauh milik LAPAN. Untuk dapat mengirimkan data dari Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin ke Pustekdata LAPAN Pekayon diperlukan jalur komunikasi pengiriman data yang handal sehingga data yang diterima dapat diperoleh secara cepat dan tepat. Perancangan jalur komunikasi data antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin dengan Pustekdata LAPAN Pekayon menggunakan radio microwave, kondisi jalur komunikasi yang sudah ada menggunakan jaringan serat optik milik penyedia jasa layanan telekomunikasi. Dimana kondisi jalur komunikasi melalui media serat optik antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin dengan Pustekdata LAPAN Pekayon sering terganggu, gangguan tersebut disebabkan oleh putusnya kabel serat optik pada jalur backbone milik penyedia jasa layanan telekomunikasi. Dengan terganggunya jalur komunikasi antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin dengan Pustekdata LAPAN Pekayon mengakibatkan terganggunya proses pengiriman data dan pengolahan data citra satelit. Dengan pembuatan desain perancangan jalur komunikasi radio microwave antara Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin dengan Pustekdata LAPAN Pekayon diharapkan jika desain ini diimplementasikan dapat meningkatkan kemampuan proses pengiriman data dan menjaga kerahasiaan data.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: radio microwave, serat optik, Stasiun Bumi Penginderaan Jauh Rumpin, Kantor Pustekdata LAPAN.
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Stasiun Bumi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Apr 2021 01:03
Last Modified: 18 Aug 2021 05:12
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item