Desain dan Implementasi Sistem Akuisisi Data Magnetometer HMC5883L

Muhammad Taufik and Hasan Mayditia (2015) Desain dan Implementasi Sistem Akuisisi Data Magnetometer HMC5883L. In: Bunga Rampai Hasil Litbangyasa : Teknologi Pada Pesawat Terbang, Roket, dan Satelit Th 2015. Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, Jakarta, pp. 317-325.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_M.Taufik_Pusteksat_2015.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Telah didesain dan diimplementasikan suatu sistem akuisisi untuk memproleh , memproses dan menginterpretasikan data dari magnetometer HMC5883L. HMC5883L merupakan low cost dan low power magnetometer yang mampu mengukur besar medan magnet hingga ±8 Gauss dengan resolusi 2 mG. Sensor ini banyak digunakan untuk mengakuisisi medan magnet bumi serta sebagai sensor referensi seperti Attitude Heading Reference System (AHRS). Sistem akuisisi ini terdiri dari sistem elektronik menggunakan Arduino UNO (ATMega328) yang terhubung dengan magnetometer melalui antarmuka I2C, perangkat lunak mikrokontroller (firmware) dan perangkat lunak pada PC (GUI) dengan interpretasi data berupa nilai dan grafik vektor medan magnet. Dari hasil pengujian, sistem akuisisi ini mampu mengukur vektor medan magnet bumi dan lingkungan sekitarnya dengan real output data rate 200 Hz. Selain digunakan sebagai kompas digital, sistem ini pun dapat digunakan untuk mengukur kuat medan magnet yang dihasilkan oleh motor BLDC pada Reaction Wheel dengan hasil pengukuran ditampilkan dalam bentuk grafik. Untuk hasil pengukuran yang lebih akurat, pengembangan sistem akan dilanjutkan dengan kalibrasi menggunakan sistem yang telah tervalidasi, seperti Helmholtz cage.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: HMC5883L, medan magnet, sistem akuisisi, Arduino
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:18
Last Modified: 18 Aug 2021 00:06
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item