Pengukuran Kemiringan Air-Bearing Menggunakan Akselerometer dan Tampilan Secara Waktu-Nyata dengan VB OpenGL

Annisa Sarah and Hasan Mayditia (2015) Pengukuran Kemiringan Air-Bearing Menggunakan Akselerometer dan Tampilan Secara Waktu-Nyata dengan VB OpenGL. In: Bunga Rampai Hasil Litbangyasa : Teknologi Pada Pesawat Terbang, Roket, dan Satelit Th 2015. Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, Jakarta, pp. 326-335.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Annisa_Pusteksat_2015.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Sebuah satelit membutuhkan sistem sensor determinasi untuk menentukan sikap di luar angkasa. Sebelum diterbangkan ke luar angkasa perlu dilakukan pengujian di bumi dengan menggunakan air-bearing sebagai simulator satelit, yang mana platform ini memiliki gesekan yang sangat kecil dan dapat diabaikan sehingga dapat bergerak bebas seperti di luar angkasa. Tulisan ini menjelaskan perancangan dan pengujian sistem akuisisi akselerometer 3 sumbu untuk mengukur kemiringan air-bearing. Sistem akuisisi ini menggunakan mikrokontroller ATmega16, dengan perangkat lunak yang bekerja pada mikrokontroller menggunakan bahasa C, melalui antarmuka I2C. Data hasil keluaran sensor kemudian disajikan dalam bentuk grafik dan tampilan interaktif OpenGL dengan waktu nyata di Visual Basic. Dari hasil pengujian, nilai akurasi dan presisi untuk kemiringan sudut telah diperoleh.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: akselerometer, air-bearing, waktu nyata, visual basic, OpenGL.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:24
Last Modified: 06 Aug 2021 03:36
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/605

Actions (login required)

View Item View Item