Pengaruh Dimensi Heliks Terhadap Jenis Pola Radiasi Antena

Iwan Faizal and lIrwan Priyanto (2015) Pengaruh Dimensi Heliks Terhadap Jenis Pola Radiasi Antena. In: Bunga Rampai Hasil Litbangyasa : Teknologi Pada Pesawat Terbang, Roket, dan Satelit Th 2015. Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 345-352.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Iwan_Pusteksat_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada antena heliks, pola radiasi antena dibagi menjadi dua jenis yaitu pola radiasi ke segala arah dan pola radiasi terarah. Untuk antena heliks berpola radiasi ke segala arah dikategorikan pada antena heliks moda normal sedangkan untuk antena heliks berpola radiasi terarah dikategorikan dalam antena heliks moda aksial. Pada makalah ini akan dilakukan investigasi untuk kasus antena heliks mengenai dimensi heliks terhadap jenis pola radiasinya sehingga sesuai dengan misi dan penggunaan antena tersebut. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan simulasi menggunakan perangkat lunak antena. Berdasarkan hasil analisa diperoleh hasil bahwa untuk dimensi heliks yang memiliki circumference yang lebih besar dari pada 0.75 λ cenderung memiliki pola radiasi satu arah (direksional) sehingga sesuai untuk misi /aplikasi satelit mikro seperti LAPAN TUBSAT, LAPAN A2, P3E AMSAT-DL. sedangkan dimensi heliks yang memiliki circumference yang lebih kecil dari 0.75 λ cenderung memiliki pola radiasi ke beberapa/segala arah (omni-direksional) sehingga sesuai untuk misi /aplikasi komunikasi bergerak (handset) dan perangkat portabel.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Dimensi heliks, keliling heliks, pola radiasi, omni-direksional, direksional.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 09 Apr 2021 01:39
Last Modified: 13 Aug 2021 03:10
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/607

Actions (login required)

View Item View Item