Prediksi Jumlah Latchup pada Satelit LAPAN-Tubsat Menggunakan Arima

Agus Herawan and Suhata (2015) Prediksi Jumlah Latchup pada Satelit LAPAN-Tubsat Menggunakan Arima. In: Bunga Rampai Hasil Litbangyasa : Teknologi Pada Pesawat Terbang, Roket, dan Satelit Tahun 2015. Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, Jakarta, pp. 360-367.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Agus_Pusteksat_2015.pdf

Download (307kB) | Preview

Abstract

Data Telemetri merupakan sumber untuk mendeteksi atau memprediksi latchup pada satelit buatan. Satelit LAPAN TUBSAT-telah beroperasi lebih dari tujuh tahun. Dalam operasi tersebut, LAPAN TUBSAT telah menghasilkan banyak data telemetri dan pernah menghadapi beberapa latchup. Salah satu bagian yang menjadi perhatian dalam pemantauan kesehatan satelit adalah kemunculan latchup dalam satelit LAPAN-TUBSAT. Pemantauan ini harus dilakukan untuk memastikan satelit dapat bekerja secara optimal. Penelitian ini menggunakan data latchup perbulan. Dalam memprediksi kemunculan latchup bulan berikutnya digunakan analisis deret waktu dengan metode ARIMA. Hasil yang diperoleh model ARIMA yang terpilih adalah model ARIMA(4,0,4) dengan nilai RMSE sebesar 0,530, nilai MAPE sebesar9.76 dan nilai MAE sebesar 0.463. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu peneliti dan operator satelit untuk mengetahui kemunculan latchup tiap bulan dengan prediksi sehingga kondisi kesehatan satelit tetap terjaga serta dapat dijadikan acuan dalam pengembangan satelit berikutnya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: LAPAN-TUBSAT, latchup, ARIMA, RMSE, MAPE, MAE
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 12 Apr 2021 05:26
Last Modified: 06 Aug 2021 03:32
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/617

Actions (login required)

View Item View Item