Perancangan Peredam Untuk Melindungi Payload Roket Dari Gangguan Shock Dan Vibrasi

Andreas Prasetya Adi and Wahyu Widada and Sutisno (2012) Perancangan Peredam Untuk Melindungi Payload Roket Dari Gangguan Shock Dan Vibrasi. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 8-16.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Andreas_Pustekroket-2012.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Abstrak Durasi yang penting dan sangat menentukan pada peluncuran roket adalah saat mulainya meluncur sampai habis terbakar, yaitu burning time. Pada durasi tersebut motor roket menimbulkan getaran yang menggetarkan seluruh roket beserta isinya. Bagian yang rentan mengalami gangguan adalah payload roket. Payload ini terdiri dari berbagai peralatan elektronik, transmitter, bermacam- macam sensor, akselerometer, gyro, dan sebagainya, termasuk embedded controller system. Pada makalah ini disajikan perancangan peredam untuk melindungi payload, khususnya embedded controller system, dari gangguan shock dan vibrasi.Getaran motor roket disimulasikan menggunakan motor elektromagnetik, dan getaran diukur menggunakan sensor akselerometer. Hasil pengukuran ditampilkan dalam bentuk kurva, yang menunjukkan level getaran pada beberapa bagian benda uji. Hasil dari beberapa percobaan dapat digunakan untuk menentukan bahan peredam yang baik untuk dipakai guna mengurangi getaran yang mengganggu instrumen pada payload.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: roket, vibrasi, frekuensi, sistem, durasi.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:25
Last Modified: 18 Jul 2021 01:45
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item