Pemurnian Larutan Sodium Klorat Dari Pengotor Kromat Dengan Metode Ion Exchange

Anita Pinalia and M. Fakhrur Rosyidi (2012) Pemurnian Larutan Sodium Klorat Dari Pengotor Kromat Dengan Metode Ion Exchange. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 17-26.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Anita_Pustekroket_2012.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pemurnian larutan sodium klorat dari pengotor kromat yang diperoleh dari hasil elektrolisis di Laboratorium Ammonium Perklorat LAPAN. Penghilangan kromat dilakukan dengan metode ion exchange. Ion dalam resin menangkap ion kromat yang ada di dalam larutan sodium klorat dengan cara melewatkan larutan sodium klorat pada kolom yang berisi resin lewatit MP-62. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari alternatif proses pemurnian sodium klorat yang lebih ramah lingkungan, karena metode pengendapan yang selama ini digunakan di LAPAN menghasilkan limbah krom yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu metode ini juga dapat mengurangi biaya produksi ammonium perklorat. Karena, melalui proses yang lebih lanjut kromat yang teradsorbsi dapat diambil kembali sehingga dapat di-recycle pada proses elektrolisis. Pada penelitian ini, banyaknya kromat yang teradsorbsi oleh resin yaitu sebesar 72,85 % dari total kromat awal sebanyak 66,55 mg/L.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: Kromat, Sodium Klorat, Penukar Ion
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 21 Apr 2021 04:36
Last Modified: 18 Jul 2021 01:50
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item