Analisis Nilai Tensile Strength Material Linier Menggunakan Fillter Carbon Blak SiO2 dan TiO2

Aprilia Erryani, S.Si and Wiwiek Utami Dewi, ST (2012) Analisis Nilai Tensile Strength Material Linier Menggunakan Fillter Carbon Blak SiO2 dan TiO2. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 27-35.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Aprilia_Pustekroket_2012.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Liner adalah material elastomer yang digunakan sebagai perekat dan insulator atau pelapis pelindung panas antara propelan dan tabung roket. Sebagaimana fungsinya, liner harus memiliki sifat termal dan sifat mekanik yang baik. Untuk meningkatkan sifat liner maka perlu ditambahkan filler yang berperan penting dalam meningkatkan sifat liner tersebut, baik itu sifat mekanik maupun sifat termal. Material liner yang akan digunakan adalah resin berbasis epoksi yang kemudian dicampur dengan hardener dan polysulfide LP3 dengan perbandingan berat 1:1:1,5. Sedangkan filler yang digunakan adalah Carbon Black, SiO2 dan TiO2 dengan perbandingan 2:2:1 phr (part per hundred resin). Sifat liner yang diuji adalah sifat mekanik khususnya kuat tarik (tensile strength). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai tensile strength dan yield strength akan semakin meningkat seiring dengan penambahan komposisi filler. Sedangkan untuk elongation, penambahan filler akan meningkatkan nilai elongation/elastisitas hingga mencapai nilai maksimum dengan komposisi filler tertentu. Setelah itu nilai elastisitas liner akan menurun kembali. Oleh karena itu dengan masing-masing sifat yang saling meniadakan perlu pembatasan dalam penggunaan filler pada liner agar diperoleh kekuatan tarik dan elastisitas yang optimum sehingga kekuatan liner tetap terjaga.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: Liner, Filler, Tensile Strength
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:38
Last Modified: 18 Jul 2021 01:53
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item View Item