Pengembangan Subsistem Antena untuk Penerimaan Secara Langsung (Direct Receiving System) Data Satelit Optik Resolusi Sangat Tinggi dan Resolusi Tinggi SAR (Synthetic Aperture Radar)

Muchammad Soleh and Hidayat Gunawan and Ali Syahputra Nasution (2018) Pengembangan Subsistem Antena untuk Penerimaan Secara Langsung (Direct Receiving System) Data Satelit Optik Resolusi Sangat Tinggi dan Resolusi Tinggi SAR (Synthetic Aperture Radar). Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2017. pp. 77-90.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Muchammad Soleh_Pustekdata_2017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan data Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi (CSRST, resolusi spasial pankromatik < 1 meter) mat ini sudah menjadi kebutuhan prioritas yang tidak dapat tunda lagi untuk memenuhi pelaksanakan kegiatan prioritas nasional. LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) bekerjasama dengan Badan Informasi Geospasial (BIG) berkewajiban dalam penyediaan data CSRST resolusi tinggi dengan lisensi Pemerintah Indonesia. Dan mengacu pada UU Keantariksaan, LAPAN harus siap membangun dan mengoperasikan stasiun bumi untuk perolehan data (resolusi rendah, menengah, tinggi dan sangat tinggi) dalam memenuhi kebutuhan Kementerian/Lembaga, TNI, Polri, serta Pemerintah Daerah. Setidaknya, ada dua alternatif cara penyediaan CSRST yaitu: (1) melalui pembelian/pengadaaan untuk multi pengguna (lisensi terbatas); (2) melalui akuisisi langsung/DRS (Direct Receiving System) dengan lisensi Pemerintah Republik Indonesia. Kedua cara penyediaan data diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun jika dilihat untuk jangka panjang, biaya penyediaan data satelit melalui akuisisi langsung (DRS) akan jauh lebih hemat dibandingkan melalui pembelian data. Seiain itu, akses pengguna untuk seluruh K/L dan pemerintah daerah tidak dibatasi, karena lisensi penggunaannya adalah Lisensi Pemerintah Indonesia. Fleksibilitas untuk mendapatkan data CSRST dalam pemenuhan kebutuhan prioritas tinggi yang dapat mencakup seluruh wilayah Indonesia, merupakan keuntungan lain dalam penyediaan melalui DRS. Tulisan ini bermaksud mengkaji pengembangan subsistem antena untuk penerimaan data data CSRST optik dan SAR resolusi tinggi secara langsung (Direct Receiving System) melalui sistem stasiun bumi LAPAN. Hasil kajian ini berupa desain yang akan diimplementasikan dalam rencana pembangunan stasiun bumi LAPAN untuk penerima data CSRST optik dan SAR resolusi tinggi pada khususnya dan dari berbagai satelit (multimisi) pada umumnya.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-72335-5-3
Uncontrolled Keywords: CSRST Optik, Resolusi Tinggi SAR, Direct Receiving System (DRS), Subsistem Antena
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Stasiun Bumi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 26 Apr 2021 01:58
Last Modified: 28 Apr 2021 10:02
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item