Prototipe Geospasial Web Services Untuk Mendukung Distribusi dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh Berbasis Perangkat Lunak Sumber Terbuka

Sarno (2011) Prototipe Geospasial Web Services Untuk Mendukung Distribusi dan Diseminasi Informasi Penginderaan Jauh Berbasis Perangkat Lunak Sumber Terbuka. Prosiding Seminar Nasional Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Mendukung Pembangunan Nasional. pp. 67-74.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Sarno_Pusfatja_2011.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Geospasial web services merupakan kebutuhan yang telah mendapatkan cukup perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Analisa kami menunjukkan bahwaa untuk semua katagori perangkat lunak yang digunakan dalam implementasi geospasial web services tersedia produk peangkat lunak bebas dan sumber terbuka (open source) serta mendukung beerbagai standar industri yang memudahkan interoperabilitas informasi geospasial sumber daya alam. Dalam mengembangkan prototipe geospasial web services sejumlah katagori komponen pernagkat lunak geospasial berbeda sepeti GeoServe sebagai server mapping, dikustomisasi dan didedikasikan untuk manajemen geospasial web services, PostreSql-PostGis sebagai Server Database Management Systems(DBMS) Geospasial dikustomisasi dan didedikasikan untuk menejemen basisdata dan aplikasi internet web mapping, dikustomisasi untuk visualisasi informasi geospasial sumber daya alam penginderaan jauh. Setelah informasi sumber daya alam berupa penutup lahan diintegrasikan ke dalam Sistem Basisdata Informasi Geospasial Penginderaan Jauh Sumber daya Alam Wilayah Indonesia dalam PostreSql-PostGis, selanjutnya dibangun Geospatial Web Services melaui GeoServer. GeoBrowser Google Earth digunakan sebagai Client Internet Web masing-masing yang menerima input Geospasial Web Services melalui Network Link dan dikustomisasi untuk visualisasi informasi geospasial sumber daya alam penginderaan jauh.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-25-8363-2
Uncontrolled Keywords: Distribusi, Informasi Geospasial, Prototipe, Web Services, Web Mapping
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:28
Last Modified: 27 Aug 2021 00:32
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item