Simulasi Kinerja Brushless DC Motor untuk Aplikasi Pengendali Sikap Satelit Menggunakan Matlab Simulink

Muh. Sulaiman Nur Ubay and Robertus Heru Triharjanto (2012) Simulasi Kinerja Brushless DC Motor untuk Aplikasi Pengendali Sikap Satelit Menggunakan Matlab Simulink. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 600-605.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Sulaiman_Pusteksat_2012.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis sistem pengendalian sikap satelit adalah menggunakan reaction wheel yang komponen utamanya adalah motor servo dan roda inersia. Dalam hal ini brushless DC (BLDC) Motor dapat diandalkan karena tidak memiliki brush sehingga tidak perlu perawatan. Karena titik acuan untuk satelit itu harus tepat, teknologi motor brushless ini harus dapat digunakan untuk kondisi kontrol loop tertutup yang real-time. Ketika dioperasikan dalam kondisi biasa, usia teknis (life time) motor BLDC dapat mencapai lebih dari 10.000 jam. Sementara dalam lingkungan satelit, variasi suhu operasi mungkin akan besar. Berdasarkan hasil simulasi dengan menggunakan software MATLAB/SIMULINK ini didapatkan torsi yang berfluktuasi sekitar 4%, yang terjadi akibat proses switching transistor, namun motor BLDC dapat di uji coba untuk aplikasi reaction wheel pada satelit mikro.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: pengendalian sikap satelit, motor brushless, torsi, reaction wheel.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 May 2021 03:55
Last Modified: 06 Aug 2021 03:00
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/720

Actions (login required)

View Item View Item