Kajian Pemrosesan Sinyal pada Data Raw Synthetic Aperture Radar (SAR) dengan Menggunakan Range Doppler Algorithm (RDA)

Musyarofah and Katmoko Ari Sambodo and Muchammad Soleh (2012) Kajian Pemrosesan Sinyal pada Data Raw Synthetic Aperture Radar (SAR) dengan Menggunakan Range Doppler Algorithm (RDA). Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 613-623.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Musyarofah_Pustekdata_2012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dikaji pemrosesan sinyal (signal processing) pada data raw synthetic aperture radar (SAR) dengan menggunakan range Doppler algorithm (RDA). Hingga saat ini, perkembangan teknologi pemrosesan sinyal SAR di dunia cukup pesat. Beberapa algoritma signal processing untuk data raw SAR yang telah dikembangkan antara lain range Doppler algorithm (RDA), chirp scaling algorithm (CSA), omega-K algorithm, dan SPECAN algorithm. Dibandingkan dengan algoritma yang lain, RDA memiliki kelebihan, yaitu menghasilkan efisiensi block processing lebih tinggi karena menggunakan pemisahan operasi domain frekuensi pada range dan azimuth. Selain itu, RDA mempertahankan kesederhanaan operasi satu-dimensi dengan pemisahan pemrosesan pada masing-masing arah, menjadi pemrosesan pada arah range dan azimuth. Pemisahan pemrosesan dimungkinkan karena perbedaan yang besar pada skala waktu antara data sinyal pada arah range dan azimuth. Pada paper ini akan dibahas tahapan pemrosesan sinyal SAR dengan menggunakan RDA. Kajian dilakukan dengan studi literatur dan simulasi dengan menggunakan software pemrosesan sinyal SAR. Data yang digunakan dalam simulasi adalah data raw Radarsat-1. Dari hasil uji simulasi, dapat disimpulkan bahwa RDA cukup efisien, sederhana dan mampu memproses data raw SAR menjadi citra terfokus yang cukup untuk aplikasi penginderaan jauh. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dikaji perbandingan dengan menggunakan algoritma yang lain. Diharapkan kajian ini dapat memberikan kontribusi terhadap penguasaan teknologi pemrosesan sinyal SAR, khususnya pada pengembangan teknologi stasiun bumi dan sensor satelit LAPAN selanjutnya.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: pemrosesan sinyal, data raw, synthetic aperture radar (SAR), range Doppler algorithm (RDA)
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit > Pengolahan Data Penginderaan Jauh
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 May 2021 04:23
Last Modified: 07 Sep 2021 03:10
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/722

Actions (login required)

View Item View Item