Rancangan Magnetic Torque Rod untuk Satelit Mikro

Widodo Slamet (2012) Rancangan Magnetic Torque Rod untuk Satelit Mikro. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 694-703.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Widodo_Pusteksat_2012.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Telah dirancang sebuah instrumen aktuator sebagai salah satu kendali satelit yang memanfaatkan medan magnet bumi. Aktuator ini berupa kumparan dengan inti suatu bahan feromagnetik. Jika kumparan dialiri arus listrik maka timbul medan magnet. Medan magnet kumparan akan mengorientasikan diri terhadap medan magnet bumi. Orientasi ini akan mengakibatkan pergeseran satelit yang berupa perputaran pada sumbu satelit yang melewati pusat masanya. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh aktuator ini adalah dimensi satelit, dalam hal ini adalah satelit mikro. Selain itu persyaratan lain adalah daya yang disediakan sangat kecil, sekitar 5 watt, karena keterbatasan sumber energi yang berupa solar sel yang dibawa oleh satelit mikro. Untuk pengendalian diperlukan rangkaian elektronik yang dapat mengatur arus yang dilewatkan melalui kumparan. Aktuator ini disebut magnetic torque rod karena sifat magnet yang ditimbulkannya, dan alat ini berupa batang (rod) fero magnetik yang dililiti oleh kumparan.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: aktuator, medan magnet, satelit mikro, torsi, pengendalian.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 19 May 2021 04:35
Last Modified: 06 Aug 2021 03:13
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item