Penggunaan Data DEM untuk Meningkatkan Akurasi Citra pada Koreksi Geometri Sistematik

Patria Rachman Hakim and Abdul Rahman and Suhermanto and Elvira Rachim (2012) Penggunaan Data DEM untuk Meningkatkan Akurasi Citra pada Koreksi Geometri Sistematik. Prosiding SIPTEKGAN XVI-2012 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XVI Tahun 2012. pp. 624-633.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Patria_Pusteksat_2012.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Koreksi geometri sistematik pada pra-pengolahan citra diterapkan untuk mengolah data mentah yang diperoleh dari satelit (spaceborne) atau pesawat (airborne) menggunakan bantuan data ancillary berupa data posisi dan orientasi kamera selama pengamatan berlangsung. Upaya untuk meningkatkan kualitas (akurasi posisi) citra hasil koreksi geometri sistematik salah satunya adalah menggunakan data DEM (Digital Elevation Model), yang dimasukkan ke dalam algoritma koreksi geometri sistematik tersebut. Pada penelitian ini, algoritma koreksi DEM pada modul koreksi geometrik sistematik disimulasikan menggunakan perangkat lunak Matlab. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan data DEM pada koreksi geometri sistematik dapat meningkatkan kualitas (akurasi posisi) citra hasil koreksi. Pada data citra airborne, penerapan algoritma ini dapat menghasilkan akurasi lebih baik sebesar 1000-2000 meter bergantung pada bentuk topografi permukaan bumi yang diamati. Sedangkan untuk citra spaceborne, akurasi citra meningkat sebesar 5- 10 piksel atau sekitar 150-300 meter untuk citra dengan resolusi spasial 30 meter. Diharapkan melalui penggunaan data ancillary yang digabung dengan data DEM dalam penyusunan algoritma koreksi sistematik geometrik, dapat meningkatkan akurasi koreksi geometri sistematik secara keseluruhan.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-60-3
Uncontrolled Keywords: koreksi geometri sistematik, data ancillary, topografi, DEM
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Geometric
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 20 May 2021 04:15
Last Modified: 06 Aug 2021 03:11
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/734

Actions (login required)

View Item View Item