Investigasi Kualitas Data Automatic Identification System (Ais) Dari Satelit Lapan-A2 Dan Lapan-A3

Maulana Ali Arifin and Nova Maras Nurul Khamsah and Rizki Permala (2019) Investigasi Kualitas Data Automatic Identification System (Ais) Dari Satelit Lapan-A2 Dan Lapan-A3. Majalah Sains dan Teknologi Dirgantara, 14 (1). pp. 29-35. ISSN 1907-0713

[img]
Preview
Text
MSTD_Nova_Pusteksat_2019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kondisi wilayah Indonesia terdiri dari 2/3 lautan yaitu sekitar 3.273.810 km² menjadikan Indonesia negara maritim terbesar di dunia. Hal ini melatarbelakangi misi satelit LAPAN-A2 danLAPAN-A3 untuk melakukan pemantauan kapal di Indonesia dengan cara membawa muatan berupa Automatic Identification System(AIS) Receiver. AIS merupakan sebuah sistem pelacakan otomatis yang digunakan untuk melakukan pemantauan maritim. Setelah satelit menerima data –data AIS pada AIS Receiver, kemudian data AIS dikirim ke stasiun bumi. Walaupun format paket AIS telah memiliki seuah Cyclic Redundancy Check(CRC) untuk mengecek keberadaan errorpada saat transmisi, namun pada transmisi satelit LAPAN-A3 terdapat tambahan Reed Solomon forward error correctionyang memiliki kemampuan untuk mengoreksi error. Dengan membandingkan data yang diterima dari satelit LAPAN-A2 dan satelit LAPAN-A3, persentase kesalahan untuk transmisi satelit adalah sebesar 2% untuk satelit LAPAN-A2 dan 0,5% untuk satelit LAPAN-A3. Mengingat dalam setiap pesan AIS yang diterima terdapat informasi mengenai nama, waktu, posisi, dan beberapa parameter lainnya dari sebuah kapal, maka kehilangan sebagian data karena errorpada transmisi, dapat mengakibatkan informasi dari beberapa kapal hilang, sehingga penggunaan error correctionpada transmisi data AIS dapat meningkatkan kualitas dari informasi data AIS yang diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Automatic Identification System, LAPAN-A2, LAPAN-A3, Reed Solomon
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit > Pengolahan Data Penginderaan Jauh > Data Automatic Identification System (AIS)
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:43
Last Modified: 18 Aug 2021 06:25
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item