Distribusi Kemunculan lapisan E Sporadis di atas Biak dan Tanjungsari

Jiyo and Varuliantor Dear (2009) Distribusi Kemunculan lapisan E Sporadis di atas Biak dan Tanjungsari. In: Ionosfer dan Aplikasinya. Massma Sikumbang, Jakarta, pp. 25-38.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai-Jiyo dkk.-Pussainsa-2009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada tulisan ini dibahas tentang distribusi kemunculan lapisan E Sporadis di atas Biak (-1,0°; 136,0°) dan Tanjungsari (-6,91°;107,83°). Biak dan Tanjungsari. Data pengamatan yang digunakan adalah data pengamatan tahun 1992-1996 dan 2005-2006 dari Biak dan pengamatan tahun 1998-2008 dari Tanjungsari. Berdasarkan analisis persentase kemunculan lapisan E Sporadis yang muncul di kedua tempat itu diperoleh lima kesimpulan. Pertama, terdapat dun puncak kemunculan lapisan E Sporadis pada malam hari di atas Biak dan Tanjungsari. Puncak utama pada bulan Mei-Juni-Juli-Agustus dan puncak kedua terjadi pada bulan Desember-Januari. Kedua, pola dua puncak kemunculan ini bahkan masih terlihat pada lapisan E Sporadis di atas Tanjungsari dengan frekuensi maksimum (fxEs) lebih tinggi dari 10 MHz. Ketiga, kemunculan lapisan E Sporadis di atas Tanjungsari relatif lebih tinggi diandingkan kemtmculannya di atas Biak. Hal ini lcemungkinan disebabkan perbedaan lintang antara kedua lokasi tersebut. Keempat, secant statistic, kemunculan lapisan E Sporadis di atas Biak dan Tanjungsari merupakan kebalikan dari aktivitas matahari dan geomagnet. Kelima, distribusi kemunculan lapisan E Sporadis di atas Biak dan Tanjungsari sama dengan distribusi kontak komumicasi radio pada frekuensi 50 MHz. Ini menunjukkan bahwa lapisan E Sporadis di atas dua lokasi ini dapat digunakan untuk mendukung komunikasi radio VHF-rendah di sekitar daerah tersebut.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: E Sporadis; JxEs; aktivitas matahari; geomagnet; kontak radio; VHF-rendah
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Dinamika Ionosfer dan Cuaca Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 06 Jul 2021 06:36
Last Modified: 06 Jul 2021 06:36
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item