Frekuensi Kritis Lapisan F2 (f0F2) Ionosfer antara Keluaran Model ionosfer near real Time Indonesia dan Model IRI-2007

Dyah RM and Buldan Muslim and Gatot Wikantho (2009) Frekuensi Kritis Lapisan F2 (f0F2) Ionosfer antara Keluaran Model ionosfer near real Time Indonesia dan Model IRI-2007. In: Ionosfer dan Aplikasinya. Massma Sikumbang, Jakarta, pp. 58-65.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai-Dyah RM. dkk-Pussainsa-2009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lapisan atmosfer bumi yang berada pada ketinggian antara 50-1000 km dimana molekul-molekul dan atom-atom akan pecah membentuk sekumpulan partikel bermuatan berupa elektron dan ion alcilmit pengaruh radiasi extreme ultra violet (EUV) matahari disebut lapisan ionosfer. Karakteristik lapisan ionosfer penting untuk dipahami karena bermanfaat untuk komunikasi radio dan koreksi posisi pada sistem navigasi menggunakan GPS. Selain itu lapisan ionosfer juga mempunyai respon tertentu terhadap fenomena alam seperti gempa sehingga pemahaman tentang respon tersebut dapat digunakan sebagai prekursor kejadian gempa (Pulinet dan Boyarchuk, 2004). Salah satu parameter lapisan ionosfer yang penting dalam hal ini adalah foF2 yaitu frekuensi tertinggi dari gelombang radio yang masih dapat dipantulkan oleh lapisan ionosfer dalam arah penjalaran vertikal. Bidang Ionosfer dan Telekomnnikasi LAPAN telah mengembangkan model ionosfer mendekati real time yang sudah berupa peta TEC di atas Sumatra dan sekitarnya (Buldan M dan Septi P , 2009). Dan peta TEC di atas Sumatera dan sekitamya dapat dibuat peta foF2 menggunakan model hubungan kuadrat antara foF2 dan TEC. Untuk meningkatkan akurasi model maka hasil keluaran model tersebut perlu dibandingkan dengan model lainnya yang sudah lebih dulu ada. Oleh karena itu akan dianalisis bagaimana parameter foF2 keluaran model mendekati real time LAPAN dibandingkan dengan model IRI-2007.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: ionosfer; f0F2; model near real time; model IRI-2007
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, dan Perekayasaan > Sains Antariksa > Instrumentasi dan Basis Data Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:21
Last Modified: 06 Jul 2021 08:21
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item