Perbandingan antara Model TEC Regional Indonesia Near Real Time dan Model TEC GIM (Global Ionospheric Map) Berdasarkan Jumlah Stasiun Pengamatan GPS yang digunakan

Prayitno Abadi and Buldan Muslim (2009) Perbandingan antara Model TEC Regional Indonesia Near Real Time dan Model TEC GIM (Global Ionospheric Map) Berdasarkan Jumlah Stasiun Pengamatan GPS yang digunakan. In: Ionosfer dan Aplikasinya. Massma Sikumbang, Jakarta, pp. 66-77.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai-Prayitno Abadi dkk.-Pussainsa-2009.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perbandingan antara model TECIegional Indonesia near-real time dan model TEC GIM (Global Ionospheric Map) telah dapat dilakukan. Perbandingannya berdasarkan variasi jumlah stasiun pengamatan GPS yang digunakan dalam model TEC regional Indonesia, yaitu 4, 6, dan 8 stasiun pengamatan GPS. Metode perbandingannya dengan mencari selisih absolut nilai TEC kedua model secara spasial (lintang dan bujur) yang mencakup wilayah Indonesia. Model TEC regional Indonesia yang menggunakan 4 dan 6 stasiun pengamatan GPS memiliki selisih TEC terbesar sekitar 10 TECU pada bagian barat dan selatan Sumatera serta bagian barat dan tengan Jawa. Model TEC regional yang menggunakan 8 stasiun pengamatan GPS memiliki selisih TEC sekitar 7 TECU pada daerah selatan Indonesia (Pulau Jawa), kemudian untuk Bali dan pulau Nusa memiliki nilai selisih 12 TECU terhadap model GIM.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: model TEC; stasiun pengamatan GPS; selisih absolut; TECU
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Pengelolaan Fasilitas Litbangyasa dan Pemanfaatan > Bidang Sains Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:37
Last Modified: 06 Jul 2021 08:37
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/959

Actions (login required)

View Item View Item