Repositori LAPAN User Documentation

Browsing

Browsing adalah cara terbaik untuk mengakses dokumen jika Anda tidak memiliki spesifik ide tentang apa yang Anda cari. Ada dua cara untuk menelusuri repositori, berdasarkan subjek dan tahun.

TUntuk menelusuri repositori, pilih Browse dari halaman depan atau dari bilah navigasi di bagian atas layar. Kemudian pilih properti yang mana Anda ingin menelusuri contohnya. "subject".

Anda akan disajikan daftar kemungkinan nilai, pilih salah satunya, dan Anda akan diberikan daftar referensi dokumen di repositori (jika ada) yang cocok dengan nilai ini. Untuk mengakses makalah, cukup klik referensinya di layar.

Pada halaman abstrak, Anda seharusnya dapat melihat subjeknya terkait dengan dokumen saat ini. Mengklik salah satu mata pelajaran itu akan membawa Anda kembali ke penelusuran yang relevan berdasarkan tampilan subjek.

Searching

Repositori menawarkan dua tingkat pencarian, sederhana dan lanjutan. Keduanya serupa, tetapi formulir lanjutan memungkinkan Anda melakukan pencarian yang lebih halus menggunakan lebih banyak bidang. Akses pencarian sederhana menggunakan Search the Repository tautan di halaman depan, atau menggunakan bilah navigasi di bagian atas dari layar. Untuk melakukan pencarian lanjutan, gunakan tautan pencarian lanjutan di bagian atas halaman pencarian sederhana.

Text Search Fields

Ini digunakan untuk mencari bidang seperti abstrak atau penulis. Ini adalah bidang di mana ada area entri teks, dan menu popup hanya untuk benar itu. Ketik istilah pencarian Anda ke dalam box. Anda dapat memutuskan bagaimana sistem akan menggunakan istilah pencarian Anda dengan memilih salah satu opsi dari menu popup tepat di sebelah kanan box input.

Match all, in any order.

Dalam contoh yang ditunjukkan, sistem akan mencari catatan di mana setiap dari bidang judul, abstrak, atau kata kunci mengandung kedua kata tersebut ``patient'' and ``care''.

Match any.

Dalam contoh yang ditunjukkan, sistem akan mencari catatan apa pun dengan syarat ``patient'' or ``care,'' di salah satu judul, abstrak atau bidang kata kunci.

Match as a phrase.

Dalam hal ini, sistem akan mencari istilah Anda yang muncul dengan tepat saat Anda mengetiknya. Dalam contoh, sistem akan mengembalikan catatan apa pun dengan frasa ``patient care'' muncul dalam judul, abstrak atau kata kunci.

Lists of Values

Dengan ini Anda dapat memilih satu atau lebih nilai dari daftar nilai untuk sistem yang akan dicari. Jika tidak ada nilai dalam daftar yang dipilih, sistem akan mengabaikan bidang ini (yaitu akan ambil catatan dengan nilai apa pun dari bidang ini.)

Dalam kasus di mana setiap record individu mungkin memiliki lebih dari satu nilai terlampir pada daftar, Anda juga dapat mengubah perilaku pencarian dengan memilih ``Any of these'' or ``All of these'' dari menu popup di sebelah kanan daftar.

Any of these.

Jika ini dipilih, catatan apa pun yang memiliki salah satu nilai yang Anda pilih akan diambil.

All of these.

Jika Anda memilih opsi ini, catatan harus memiliki semua nilai yang Anda pilih terkait dengannya untuk diambil.

Years

Saat Anda mencari bidang tahun, Anda dapat menentukan satu tahun atau rentang tahun yang Anda minati.

1999
hanya mengambil data pada tahun `1999';
1987-1990
mengambil data antara tahun 1987 dan 1990;
1995-
mengambil data tahun 1995 sampai yan terbaru;
-1998
mengambil data sampai dengan tahun 1998.

Yes/No Fields

Beberapa bidang dapat memiliki nilai ya atau tidak, misalnya ``Refereed'' bidang. Dalam hal ini, bidang pencarian memungkinkan Anda menentukan apakah Anda ingin mengambil catatan untuk memiliki nilai ya atau tidak untuk bidang ini, atau apakah Anda tidak memiliki preferensi, dalam hal ini bidang tidak digunakan untuk menemukan catatan.

Registering

Layanan tertentu mengharuskan Anda untuk mendaftar ke sistem agar dapat mengidentifikasi Anda, seperti ``Refereed'' penyetoran dokumen jasa. Saat Anda mendaftar dengan sistem, Anda dapat mendaftarkan nama pengguna, alamat email dan password yang harus dikonfirmasi. Sistem akan mengirimkan email konfirmasi kepada Anda URL untuk dikunjungi untuk mengaktifkan kata sandi.

Sebelum Anda dapat mulai mengunggah item, Anda perlu mengisi beberapa detail pribadi ke dalam formulir (http://repositori.lapan.go.id/cgi/users/record), the registration e-mail will contain instruction on how to do this. This same form is used to change user details once registered.

Depositing Records

Hal pertama yang harus Anda lakukan, setelah mendaftar, adalah mengisi catatan pengguna menggunakan formulir di (http://repositori.lapan.go.id/cgi/users/record). Kapan Anda mengklik ``Deposit Papers,'' Anda akan melihat opsi yang mengatakan ``View/change catatan pengguna Anda'': Pilih opsi ini. Formulir catatan pengguna dijelaskan di bawah.

Setelah Anda mengisi data pengguna dengan benar, ``Deposit Halaman Papers'' akan menampilkan sejumlah opsi dan item apa pun yang Anda kerjakan pada atau telah dikirimkan tetapi belum disetujui oleh editor. Pilihannya dijelaskan di bawah ini. Perhatikan bahwa opsi dan informasi yang muncul mungkin sedikit berbeda, tergantung pada apakah Anda sedang dalam proses penyetoran dokumen apa pun dan apakah Anda memiliki dokumen apa pun yang menunggu masuk ke repositori utama.

Your User Record

Catatan pengguna Anda digunakan untuk menyimpan informasi kontak tentang Anda. Beberapa informasi ini akan dikaitkan dengan eprint yang Anda unggah; beberapa di antaranya adalah murni untuk penggunaan repositori internal. Informasi umum seperti nama Anda, URL, alamat dan alamat email bersifat publik, jadi tidak disarankan untuk mencantumkan alamat rumah. (Biasanya alamat pos tidak diperlukan.) Informasi tentang sistem operasi Anda murni untuk membantu administrator repositori membantu Anda jika Anda mengalami masalah.

Masukkan informasi yang relevan dalam bok formulir. di mana lapangan nama (di sebelah kiri box) memiliki tanda bintang adalah bidang wajib yang Anda harus diisi sebelum Anda dapat menyetorkan dokumen ke repositori.

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat mengubah alamat email Anda di sini. Ini adalah disengaja; jika Anda secara tidak sengaja memasukkan alamat email yang salah, situs tidak akan memiliki cara untuk menghubungi Anda. Petunjuk untuk mengubah alamat email bisa dilihat di ``Registered Users Area''.

Daripada mengklik di setiap bok sebelum Anda memasukkan sesuatu ke dalamnya, Anda mungkin menemukan bahwa browser Anda akan membiarkan Anda menggunakan tombol tab untuk memindahkan kursor di antara bok. Dengan cara ini Anda dapat memasukkan banyak informasi lebih cepat.

Ketika Anda telah memasukkan informasi yang relevan, klik pada ``Update Record'' tombol di bagian bawah formulir. Jika formulir diisi benar, Anda akan dibawa kembali ke ``Deposit Papers'' halaman. Jika ada masalah dengan formulir, formulir akan disajikan kepada Anda lagi dengan deskripsi tentang apa yang salah. Perbaiki kesalahan dan klik ``Update Record'' lagi.

Your Workspace

Jika Anda mulai mengunggah makalah, Anda dapat memutuskan bahwa Anda ingin menunggu sampai nanti sebelum menyelesaikan unggahan, dan Anda dapat memulai yang lain dokumen . Makalah yang sedang Anda unggah ada di ruang kerja.

Jika ruang kerja Anda kosong, yang akan terjadi ketika Anda pertama kali berkunjung halaman, Anda akan melihat tombol ``Klik di sini untuk mulai mengunggah sebuah dokumen'' Tombol ini akan menambahkan catatan kosong yang baru ke ruang kerja Anda dan memungkinkan Anda untuk mulai mengeditnya.

Jika ada dokumen di ruang kerja Anda, Anda akan melihat daftarnya dokumen dengan beberapa tombol pilihan. Judul setiap makalah yang Anda unggah akan ditampilkan dalam daftar, atau ID-nya jika Anda belum memberikannya judul. Tombol opsi dijelaskan di bawah ini:

Delete

Jika Anda memilih dokumen dan mengklik tombol ini, dokumen itu akan menjadi dihapus dari ruang kerja Anda dan dibuang sepenuhnya. Anda akan ditanya untuk konfirmasi terlebih dahulu, jadi jangan khawatir tidak sengaja mengklik dia. Klon dokumen apa pun yang Anda hapus tidak terpengaruh.

Edit

Jika Anda memilih dokumen di ruang kerja Anda dan mengklik tombol ini, Anda akan dapat terus menyimpan dokumen itu.

Deposit

Jika Anda puas bahwa Anda telah selesai mengunggah makalah dan informasi terkait seperti yang Anda inginkan, maka Anda dapat memilih dokumen dan klik tombol ini untuk menyimpan dokumen di repositori. Perhatikan bahwa jika ada masalah dengan dokumen (misalnya, jika file dokumen diunggah tidak berfungsi, atau informasi bibliografi terkait tidak valid), Anda akan diberitahu apa yang salah, dan Anda tidak akan dapat menyetor dokumen sampai masalah itu diperbaiki.

The depositing process is described in a following section.

New

Tombol ini membuat catatan baru dan memulai penyetoran proses.

Clone

Tombol ini membuat tiruan dari dokumen yang telah Anda pilih dari Daftar. Ini berguna jika Anda menyimpan sejumlah dokumen dengan jenis yang serupa informasi. Anda dapat mengisi informasi umum, mengkloning dokumen itu, dan kemudian edit klon sehingga Anda tidak memasukkan informasi yang sama dua kali.

Proses Penyetoran

Proses penyetoran dibagi menjadi beberapa tahap. Anda bisa bergerak antara tahapan tersebut dengan menggunakan tombol ``Back'' dan ``Next'' pada bawah setiap layar. Ini harus akrab bagi mereka yang terbiasa menggunakan ``wizard'' gaya antarmuka populer di banyak operasi modern sistem.

Jangan khawatir tentang kehilangan informasi yang Anda masukkan saat Anda menekan tombol ``Back'' pada formulir: Sistem akan menyimpan semua yang Anda masukkan ketika Anda menekannya. Namun, Anda tidak boleh menggunakan tombol ``back'' pada browser ketika Anda menyetor dokumen.

Setiap tahap proses dijelaskan dalam bagian berikut.

Deposit Type

Di layar ini, Anda harus memilih satu opsi pada daftar yang paling baik menggambarkan makalah Anda, misalnya ``conference paper'' atau``journal paper (paginated).'' Opsi yang Anda pilih di sini akan memengaruhi bibliografi informasi tentang setoran Anda yang akan dikumpulkan sistem nanti tahapan.

Then click on the ``Next'' button.

Succession/Commentary

Repositori dapat menghubungkan versi yang berbeda dari dokumen yang sama, sebagai serta komentar dan tanggapan terhadap komentar. Ini memungkinkan pembaca untuk bergerak dengan mudah di sekitar versi, komentar, dan tanggapan tersebut.

Jika dokumen yang Anda setorkan adalah versi dokumen yang lebih baru, Anda sebelumnya disimpan di repositori, masukkan kode ID-nya ke dalam box ``Later Version Of''. Jika Anda menggunakan``Clone'' pilihan pada halaman ``Review Documents'', maka box ini akan sudah diisi untuk Anda, tapi bisa ditimpa.

Untuk menemukan ID dokumen, gunakan fitur Pencarian repositori untuk menemukan gudang. Anda mungkin ingin membuka jendela browser kedua di mana: untuk melakukan pencarian ini, sehingga Anda dapat menyalin dan menempelkan kode ID di seluruh ke formulir ini.

Jika Anda menyimpan komentar pada kertas di repositori, masukkan kode ID di box ``Commentary On''. Jika Anda menanggapi komentar, masukkan kode ID dari komentar yang Anda tanggapi di box ini.

Anda dapat memastikan bahwa Anda telah memasukkan kode ID yang benar dengan mengklik di tombol ``Verify IDs'' di bagian bawah halaman. Sistem akan lalu tunjukkan kertas apa yang terkait dengan kode ID, sehingga Anda dapat memastikan Anda telah memasukkan kode yang benar. Perhatikan bahwa sistem tidak akan membiarkan Anda lanjutkan dengan setoran jika salah satu kode ID yang Anda masukkan tidak valid.

Anda tentu saja dapat membiarkan salah satu kotak kosong jika kertas Anda tidak terlambat versi lain, komentar atau tanggapan. Klik pada tombol ``Next'' ketika Anda yakin informasi yang Anda masukkan benar.

Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menyimpan versi kertas yang lebih baru yang telah disampaikan oleh orang lain.

Bibliographic Information

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan informasi bibliografi tentang Anda kertas. Detail pasti yang diperlukan akan bervariasi tergantung pada jenis setoran yang Anda pilih di tahap pertama.

Di atas setiap bidang input akan ada penjelasan singkat tentang apa yang seharusnya taruh di lapangan. Di sebelah kiri setiap bidang input adalah nama bidang. Jika nama bidang memiliki tanda bintang, bidang harus diisi sebelum kertas dapat disimpan; bidang lain adalah opsional.

Berikut ini adalah jenis bidang input yang mungkin Anda lihat:

Text boxes.

Cukup mudah. Cukup ketik informasi yang relevan, atau salin dan tempel langsung dari dokumen Anda.

Popup menus.

Cukup pilih opsi yang paling sesuai dari menu popup.

Checkboxes.

Digunakan untuk menunjukkan nilai ya atau tidak.

Lists.

Pilih satu atau lebih opsi yang sesuai dari daftar.

Page ranges.

Ketik halaman pertama dalam rentang ke dalam kotak di sebelah kiri, dan yang terakhir halaman dalam kotak di sebelah kanan. Jika rentang terdiri dari satu halaman, cukup masukkan nomor halaman ke dalam kotak sebelah kiri, dan tinggalkan kotak sebelah kanan kosong.

Names.

You can enter title, given name, family name and lineage. Title and lineage can be ignored if you wish. Sometimes you can enter a list of names. In these cases, you can add more boxes for names by clicking on the ``More Spaces'' button on the right. Note that empty boxes are ignored.

To remove names from a list just remove the name from the relevant boxes and leave it empty. Don't worry about leaving a blank box in the middle of the list; the system will ``bunch up'' the list.

Once you've entered the relevant information, click on the ``Next'' button. If there are any omissions from the data, the system will explain what is wrong and re-present the form so you can fix the problems.

As with user records, most browsers will allow you to use the tab key to move between the input fields, allowing you to enter the information quickly.

Subject Categories

In the subject categories stage, you should select the subject or subjects from the list that best represent the content of your paper. Please try and be as accurate as possible here, and please don't just select lots of categories if you're unsure, just pick the categories you are sure of.

If you think there's a serious omission from the subject category list, you can suggest a new category in the two boxes below the subject list. Note that you shouldn't expect the repository to necessarily agree with your suggestion; don't be offended if they don't add your suggestion. This box is there purely for you to suggest categories you really believe are serious omissions.

Once you've selected your subject categories, click on the ``Next'' button.

Document Storage Formats

This page shows you an overview of the document files you have uploaded to the repository. The table shows the list of formats you can upload on the left, and the number of files you have uploaded in that format in the middle column.

If you want to upload some files for a format, or remove some files you've already uploaded for a format, click on the relevant ``Upload/Edit'' button. When you do this, you'll be presented with the ``Document file upload'' screen described in the next section.

To remove all of the files for a format completely, click on the relevant ``Remove'' button.

Note that you must upload files for at least one of the formats shown in bold type.

The ``Other'' format allows you to upload the document in any other format you think may be useful. For example, you may wish to upload a Microsoft Word document.

When you're happy that you've uploaded all of the document files, click on the ``Finished'' button. Later, you'll have a chance to make sure that the uploads have all worked, and to come back and fix anything that's amiss.

Once you've clicked the ``finished'' button on this page, you'll be taken to the ``Deposit Verification'' page described in a later section.

Document File Upload

If there are no files uploaded in a particular format, you will be presented with an upload menu from here you can select how you'd like to upload files to the repository.

Plain files.

Choose this option if you want to upload files you have on your computer as-is. For example, if you have a PDF file on your hard disk, you would choose this option. If you have to upload more than one file using this method (for instance, an HTML file and a corresponding .gif figure image file,) then type the number of files you wish to upload into the ``Number of files to upload'' box. From an existing Web site.

If your paper is up on the Web already, this option will let you specify the URL of that paper. The repository software will copy your paper from that Web site. You should be careful with this option, though; and read the ``uploading from an existing Web site'' section below. As a ZIP archive/Compressed TAR archive.

Your paper may be stored in several separate files. This is often the case if your paper is stored in HTML format and contains figures. These two options let you use the ZIP tool (available on all operating systems) or the ``tar'' and ``compress'' tools (commonly used on UNIX systems) to collect all of those files into one compacted file. Now click on the ``Upload'' button.

If you selected ``plain files'' or are uploading a compressed file, you will be presented with a screen where you can either type in the full filename and path of the document file or compressed file into the text field, or (recommended) click on the ``Browse...'' button, and select the relevant file using the file selector1. If you're uploading more than one file, there will be a corresponding number of these fields to fill out.

If you selected ``from an existing Web site,'' enter the full URL of the first page of the actual document; don't just enter the URL of the Web site the document appears in or the URL of an index or contents page. See the section ``uploading from an existing Web site'' below.

When you've entered the filenames or URLs, click on the ``Upload'' button. You'll then be taken back to the ``Document File Upload'' screen.

At least one file needs to be shown first. In many cases (e.g. PDF, Postscript) there will only be one file; if you've uploaded many files you will need to select the one to be shown first. This should be the first file in the document that a reader should be presented with; the .html file if your document is in HTML format, or the contents page if your document is spread over several uploaded several HTML documents. Use the ``Show First'' button to tell the system which file should be shown first.

The ``Delete'' buttons on the right of the table can be used to remove individual files that you've uploaded in error. ``Delete all files'' will wipe the slate clean (for this document storage format only) so you can start again.

You can continue to upload more files as before. If you've uploaded all necessary files, click on ``Finished''. This will take you back to the ``Document Storage Format'' page.

Uploading From an Existing Web Site

When you give the repository a URL to retrieve your document from, the repository stores a copy of the file stored at that URL. If the URL is an HTML file, the repository will also copy the images associated with that HTML file, and other HTML files linked to it.

You must supply the URL of the first page of document itself: NOT the URL of the whole Web site, or the URL of any contents page listing multiple documents, index page or abstract page.

http://www.myinstitution.edu/~myhomepage/paper.html And NOT www.myinstitution.edu/~myhomepage/

In order to prevent the repository from trying to copy the whole World Wide Web by following every single link, some rules are applied when the system collects your document:

Only files reached by ``relative'' links are retrieved. For example, if the HTML contains a link to node1.html then node1.html will be copied. If the link points to http://somewebsite.edu/bar.html, then that URL will not be copied.

Only files at the same depth or deeper in the Web site file hierachy are retrieved. For example, if a link points to /index.html or ../index.html, the file will not be copied.

This method of uploading papers cannot have a guaranteed 100% success rate. However we have been using it here at Southampton for a number of months and it usually works very well.

If something does go wrong, it's normally best to select ``delete all files'' from the ``Document File Upload'' screen, and try another uploading method.

Deposit Verification

This page will display the abstract page for your document as it will appear in the repository. You should carefully check that all information has been uploaded correctly. Note that your paper will not appear in the ``available versions'' or ``commentary/response'' lists at the bottom of the page; this is normal.

You should also check that the document files have been uploaded correctly, including any associated figures and links. If you spot a mistake, you can use forms' ``back'' buttons (not the browser's ``back'' button) to cycle back through the depositing process and fix any mistakes.

If you're satisfied that everything is correct and has been uploaded correctly, and have read, understood and complied with the agreement at the bottom of the page, click on the ``Deposit'' button to deposit your paper in the repository. It will then be put in the editorial buffer.